Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Gunung Purba Cianjur, Maha Karya Terpendam di Indonesia

Gunung Purba Cianjur, Maha Karya Terpendam di Indonesia

Negara Indonesia banyak memiliki situs megalithic yang cukup beragam, tetapi ada satu situs megalithic yang begitu mempesona dan masih menjadi misteri. Dikarenakan wujud asli dan berasal dari jaman apakah situs ini berdiri masih belum diketahui. Situs ini berada di ketinggian 885 m dpl, di Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa barat. Di lokasi ini banyak berserakan batuan balok vulkanik yang berpusat di sebuah gunung, bahkan di area persawahan dan di sekitar rumah warga yang tak terhitung jumlahnya. Dan anehnya lagi, batuan andesit Gunung Padang ini hanya ditemukan disekitar Gunung Purba.

Obyek Wisata

Pintu Masuk Gunung Padang Cianjur Jawa BaratSitus Gunung Padang atau dalam bahasa sunda Padang yang mempunyai arti Terang ini masih misteri, belum diketahui pasti bentuk awalnya. Para peneliti memperkirakan bentuk asli dari Gunung Padang ini menyerupai Piramida di Mesir dan melebihi besar dari Candi Borobudur. Diperkirakan juga batunya berusia 4000-9000 SM (Sebelum Masehi). Situs megalitik ini sendiri berasal dari periode 2500-4000 SM. Ini berarti bangunannya telah ada sekitar 2.800 tahun sebelum dibangunnya Candi Borobudur. Situs yang diperkirakan ada sebelum Piramida Mesir dan juga situs terbesar se Asia Tenggara dari 5 teras. Teras yang pertama disebut dengan pamuka lawang atau (Pembuka Pintu). Di tandai dengan ada dua buah batu yang berdiri posisinya seperti pintu, lokasinysketsa wujud asli gunung padang cianjur jawa barata berada paling bawah. Teras kedua disebut dengan bukit masigit karena batuan-batuan yang terbentuk di teras tersebut menyerupai masjid. Teras ketiga disebut dengan mahkota dunya atau Mahkota dunia. Teras keempat ada yang menyebut tapak kujang, ada yang menyebut batu kanuragaan, ada yang menyebut batu kanuragan. Sedangkan teras yang paling atas disebut dengan singgasana.

Dalam singkat cerita masyarakat sekitar. Gunung Padang ini merupakan upaya Prabu Siliwangi dalam membangun istana dalam semalam. Dibantu oleh pasukannya, ia berusaha mengumpulkan balok-balok batu yang hanya terdapat di daerah itu. Namun, malam rupanya lebih cepat berlalu. Di ufuk timur semburat fajar telah menggagalkan usaha kerasnya, maka derah itu kemudian ia tinggalkan. Batu-batunya ia biarkan berserakan di atas bukit.

sudut gunung padang cianjur jawa baratPara arkeologi sepakat bahwa Situs Gunung Padang ini bukan merupakan sebuah kuburan seperti dinyatakan oleh Krom (1914) tetapi merupakan sebuah tempat pemujaan masyarakat Sunda Kuna. Selain itu, situs ini juga dibangun dengan posisi memperhatikan pertimbangan geomantik dan astromantik. Sampai hari ini arlkeolog peniliti masih melakukan tugasnya dalam meniliti batuan-batuan yang ada di Gunung Padang untuk mengetahui pasti kapan bangunan ini dibangun. Jika benar perkiraan para arkeolog, maka akan merubah peta peradaban dunia. Bahwa bangunan tertua di dunia ada di Indonesia.

Lokasi

Situs Megalithic Gunung Padang berada di Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Akses

Obyek Wisata ini dapat ditempuh selama 1,5 jam dari kota Cianjur. 165 dari Jakarta dan 110 km dari Kota Bandung. Paling praktis perjalanan menuju ke Gunung Padang ini mengunakan mobil pribadi. Dua rute perjalanan yang mudah ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, yaitu melalui Pal Dua dan Tegal Sereh. Melalui jalur Pal Dua ditempuh melewati Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, dari Desa Warungkondang berbeloklah ke kanan menuju ke Cipadang-Cibokor-Lampegan-Pal Dua-Ciwangin-Cimanggu dan Gunung Padang. Dan jalan yang dilalui cukup bervariasi dan melewati pemandangan indah Perkebunan Teh Gunung Manik. Apabila Anda melalui Jalan Tegal Sereh maka melalui rute Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, dari Sukaraja belok ke kiri Cireungas-Cibanteng–Rawabesar-Sukamukti-Cipanggulaan-Gunung Padang.

Akomodasi

Banyak dijumpai warung atau rumah makan di sekitar Gunung Padang. Tetapi untuk penginapan, disekitar obyek tidak terdapat penginapan karena obyek ini belum begitu banyak pengunjung. Apabila butuh penginapan dapat menginap di hotel atau penginapan di Kota Cianjur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom