Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Curug Dengdeng Tasikmalaya Jawa Barat yang Eksotik

curug dengdeng tasikmalaya jawa barat

Propinsi Jawa Barat memang terkenal dengan destinasi wisata curug-curug atau air terjun yang sangat indah. Berbagai bentuk dan keindahan masing-masing curug ada di propinsi ini. Salah satunya adalah Curug Dengdeng yang memiliki keunikan bentuk curug yang sangat jarang ditemui dan masih alami.

Obyek Wisata

Curug Dengdeng terletak di sebelah seltan dari Propinsi Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Tasikmalaya. Curug ini memiliki bentuk air terjun yang tingkatan curug dengdeng tasikmalaya jawa baratmeiliki 3 tingkat. Dinamakan Curug Dengdeng karena curug ini memiliki kondisi yang bertingkat dan tidak rata. Disekitar area curug masih tampak alami dengan tumbuhan pepohonan rindang yang hijau.

Pada tingkatan yang pertama, curug ini memiliki ketinggian sekitar 13 meter. Apabila berada di tingkatan pertama ini akan nampak aliran Sungai Cikembang dan panorama yang hijau membentang disekitar curug. Pada tingkatan kedua, memilki ketinggian sekitar 11 meter. Di tingkatan ini pengunjung dapat menikmati keindahan curug yang berada di tingkatan pertama dan biasanya banyak pengunjung yang mandi atau menikmati sejuknya air terjun di tingkatan ini. Sedangkan pada tingkatan yang ketiga dan memiliki ketinggian sekitar 9 meter ini pangunjung dapat menikmati keseluruhan air terjun dari bawah, curug akan terlihat jelas bedengan dan memantulkan sinar matahari yang memancar. Dibawah air terjun yang terakir akan nampak sebuah kolam besar dengan air yang sejuk dan jernih.

bebatuan curug dengdeng tasikmalaya jawa baratKeunikan lainnya dari curug ini adalah batuan-batuan yang besar dan memiliki lubang-lubang kecil menyerupai sebuah karang yang berada di dasar laut. Kebanyakan lubang ini berdiameter 50 cm sampai dengan 80 cm. Pada saat debit air tidak terlalu besar, lubang-lubang ini akan jelas terlihat. Warga sekitar mengatakan bahwa di lubang ini sebagai tempat berlindung ikan dan sebagai tempat bertelur ikan penghuni curug. Dan konon air dari curug ini dipercaya dapat membuat awet muda bagi siapa saja yang mandi di Curug Dengdeng.

Lokasi

Curug Dengdeng terletak di Desa Cogreg, Kecamatan Cikatomas, Tasikmalaya,  Jawa Barat.

Akses

Kota Tasikmalaya cukup mudah pertama menuju Kawalu , selanjutnya ke sukaraja terus hingga menuju pertigaan ke arah Jatiwaras. Ambil arah kiri lubang currug dengdeng tasikmalaya jawa baratke arah jatiwaras setelah itu ikuti jalan menuju ke arah Salopa terus ikuti jalan hingga ke Cikatomas nah dari cikatomas ikuti terus jalan hingga ada SPBU di pertigaan menuju Cikalong dan Tawang. Selanjutnya Ambil ke arah Tawang tepatnya dari Cikatomas belok ke kiri dari pertigaan SPBU. Sekitar 2 Kilometer pertama kalian akan disuguhi oleh jalanan aspal, selanjutnya disuguhi oleh jalanan bebatuan yang sangat tidak rata. Kalian harus hati-hati membawa kendaraan. Dari pertigaan menuju gerbang Curug Dagobangkong sekitar 7,7 Kilometer. Jarak antara Kota Tasikmalaya sampai denga Curug Dengdeng sekitar 80 kilometer.

Fasilitas dan akomodasi

Karena belum dikola oleh pemerintahan setempat, fasilitas dari tempat wisata curug ini belum ada fasilitas apapun. Disarankan untuk membawa perbekalan seperlunya, karena tidak ada penjual makanan. Apabila menginginkan penginapan, dapat ditemukan di Kota Tasikmalaya.

One response to “Curug Dengdeng Tasikmalaya Jawa Barat yang Eksotik”

  1. sundascape says:

    patut dicoba kesana,makasih gan infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom