Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Air Terjun Curug Cikaso

Keindahan Air Terjun Curuk Cikaso, Sukabumi

Tersembunyi di hutan rimba nan lebat di kawasan Sukabumi, Jawa Barat, Anda bisa menemukan sebuah air terjun yang megah. Air terjun ini terbentuk dari aliran Sungai Cikaso, sebuah sungai besar yang melintang di kawasan Sukabumi. Kontur permukaan kawasan Sukabumi yang berbukit-bukit menjadikan aliran sungai ini melewati banyak curaman dan tebing. Sehingga menciptakan sebuah karya alam yang menakjubkan, namanya Air Terjun Curug Cikaso.

Objek Wisata

Untuk mencapai Air Terjun Curug Cikaso cukup sulit, karena letaknya yang tersembunyi di area hutan Sukabumi. Dari pusat Kota Sukabumi, Curug Cikaso berjarak sekitar 70 Kilometer. Dengan kendaraan pribadi, Anda bisa mencapai Curug Cikaso sekitar 1,5 jam perjalanan. Belum lagi Anda harus menyeberang area penduduk dan persawahan. Bagi Anda yang berjiwa petualang, Curug Cikaso merupakan tujuan wisata yang sempurna.

sungai di hutan SukabumiSebelum mencapai Air Terjun Cikaso Anda akan melewati area penduduk, area persawahan, dan tentunya area hutan. Sehingga perjalanan Anda akan ditemani dengan pemandangan yang alami, sejuk, dan indah. Memasuki area air terjun, Anda akan merasa seperti memasuki sebuah taman yang indah. Pemandangan alami yang melingkupi air terjun ini bernuansa alam yang subur, segar dan alami. Walaupun Anda harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, namun Anda pasti akan puas dengan “teman perjalanan” Anda tersebut. Belum lagi ketika Anda berhadapan langsung dengan deburan Air Terjun Curug Cikaso.

tiga terjunan di Air Terjun Curuk CikasoAir terjun yang satu ini memiliki tiga terjunan setinggi sampai 80 Meter, dengan lebar sekitar 100 Meter. Cukup lebar, bukan? Ketiga terjunan berasal dari satu sungai yang alirannya dibelah oleh bebatuan tebing, sehingga terbagi menjadi tiga terjunan. Masing-masing terjunan juga memiliki nama sendiri-sendiri. Terjunan paling kiri bernama Curug Asepan, Curuk Meong di bagian tengah, dan yang berada paling kanan bernama Curug Aki.

Curug Asepan dan Curug Meong memiliki terjunan yang cukup besar dan deras. Keduanya juga berdampingan pada sisi tebing yang sama. Sehingga dari kejauhan Anda hanya bisa melihat kedua air terjun ini. Sedangkan Curuk Aki yang paling kanan memiliki terjunan yang relatif kecil. Curuk Aki juga mengalir di tebing yang menghadap ke Timur, dan terpisah dari dua terjunan lainnya. Sehingga Curug Aki terlihat “bersembunyi” jika Anda melihat dari sebelah Barat.

Kolam air terjun Curuk CikasoDibawah Air Terjun Curug Cikaso terdapat kolam yang cukup besar dan dalam. Kolam ini tercipta karena hempasan terjunan yang cukup deras, sehingga dasar kolam juga cukup dalam. Anda bisa berenang di kolam ini. Aliran air yang masih murni dan jernih membuat kolam tersebut bewarna hijau kebiruan. Dipadu dengan tumbuhan rambat yang rimbun kedua sisi air terjun dan warna tebing yang coklat megah, menyuguhkan pada Anda pemandangan yang menakjubkan. Namun disarankan agar Anda tetap berhati-hati karena kolam tersebut cukup dalam. Disamping itu, jangan sampai Anda berenang tepat di bawah terjunan karena Anda bisa terhanyut.

Sungai yang mengalir setelah air terjunSekedar berbasah-basah ria tanpa berenang, Anda bisa melangkah ke Curug Aki atau di sisi Barat Curug Asepan. Di dekat Curug Aki, Anda bisa mandi dan berfoto ria di bawah terjunan. Anda juga bisa menjelajah sungai yang mengalir setelah kolam. Sungai tersebut juga bertingkat dan banyak bebatuan di tengahnya. Jernihnya air yang mengalir membuat dasar sungai mudah terlihat. Tempat ini sangat cocok bagi buah hati Anda. Namun ada baiknya jika Anda juga tetap mengawasi putra-putri Anda saat bermain di sungai ini. Selain itu, di sungai ini Anda bisa mendapatkan tempat yang terbaik untuk menikmati pemandangan Curug Cikaso. Karena dari sungai ini, Air Terjun Curug Cikaso akan terlihat megah nan indah.

Setelah puas bermain air, berbasah-basah dan menikmati keindahan air terjun, Anda bisa beristirahat di warung-warung yang letaknya tak jauh dari air terjun. Di sini Anda bisa mengisi perut atau sekedar minum secangkir kopi panas, sembari menikmati keindahan alam yang masih asri. Jangan lupa untuk membawa kantong plastik untuk menampung sampah, karena di area Air Terjun Curuk Cikaso tidak tersedia tempat sampah. Dengan demikian Anda juga ikut serta membantu kelestarian alam.

Lokasi

Wisata Alam Air Terjun Curug Cikaso terletak di Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sekitar 8 Kilometer dari Kecamatan Surade.

Akses

Lokasi Air Terjun Curug Cikaso bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Secara umum kondisi jalan menuju tempat wisata di Pulau Jawa ini relatif bagus. Namun beberapa kilometer sebelum air terjun kondisi jalan agak buruk (jalan berbatu).

Harga Tiket

Harga tiket untuk masuk ke area Air Terjun Curug Cikaso Jawa Barat terbilang cukup murah, yaitu sekitar Rp. 3.000,- per orang.

Fasilitas dan Akomodasi

Di sekitar air terjun terdapat beberapa warung yang menjual makanan, serta beberapa yang menjual souvenir seperti kaos dan pernak-pernik lainnya. Jangan lupa untuk membawa baju ganti jika Anda berencana akan bermain air. Anda bisa berganti baju di toilet yang tersedia.


View Air Terjun Curug Cikaso in a larger map

5 responses to “Air Terjun Curug Cikaso”

  1. nurfajri says:

    Mau tanya,posisi wisata curug cikaso dmna…
    Dan kalau naik bisa dari jakarta turun’a dmna sh….
    Saya rencana mau liburan tgl 1 bsk..

    • Tim Amazindo says:

      Dari Kota Jakarta, berjarak cukup jauh sekitar 200 Km. Curug Cikaso berada di Kampung Ciniti, Cibitung, Surade, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya berada sekitar 70 km dari Sukabumi.

  2. feronika says:

    klo paket lain ada ga? mis one day trus dijemputnya dari bandung kira-kira biayanya berapa?

  3. ekha says:

    ass..
    mau nanya nih mass ,,kalo dari jakarta – curug cikaso itu maksimal berapa jam yaa ??
    dan mohon infonya untuk biaya akomodasi ke curug cikaso, ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom