Tempat Wisata Pulau Jawa
top

Daya Tarik Pantai Karang Bolong

karang-bolong-serang-banten

Pantai Karang Bolong merupakan salah satu dari beberapa obyek wisata yang terdapat di Propinsi Banten. Pantai Karang Bolong mempunyai daya tarik tersendiri, berbeda dengan pantai-pantai yang terdapat di Banten dengan menyuguhkan pesona keindahan pantai dan bawah lautnya, Pantai Karang Bolong menyuguhkan keindahan batu karang besar yang berlubang.

pantai karang bolongPantai yang berada di pinggir jalan Anyer-Carita ini dikenal juga dengan nama Karang Suraga. Nama yang diambil dari seorang sakti mandraguna yang bernama Suryadilaga. Zaman dulu Suryadilaga bertapa di batu karang ini sampai akhir hayat. Meskipun telah lama meninggal, warga setempat menyakini dan mempercayai bahwa Suryadilaga hidup dan tinggal di Pantai Karang Bolong. Pantai Karang Bolong sendiri digunakan sebagai nama pantai ini karena terdapat sebuah batu karang yang bolong (dalam bahasa indonesia berarti berlubang) yang berbentuk lengkung. Sisi yang satu terletak di pinggir pantai dan sisi lainnya menjorok ke laut. Menurut beberapa peneliti, lubang tersebut terjadi karena terkikis oleh air laut. Namun ada pendapat yang mengatakan bahwa berlubangnya batu karang tersebut karena terkena letusan Gunung Krakatau pada 1883 silam.

Obyek Wisata

Batu karang yang membentuk setengah lingkaran dengan lubang ditengahnya tersebut merupakan daya tarik utama Pantai Karang Bolong. Mungkin jika Anda ingat dengan Obyek wisata di Bali yaitu Tanah Lot, bisa dikatakan juga Karang Bolong adalah Tanah Lot-nya Banten. Karena pengunjung dapat menggunakan batu karang tersebut sebagai background pada saat berfoto ria. Disekitar batu karang utama yang besar, terdapat beberapa batu karang kecil-kecil yang digunakan sebagai tempat bersembunyi ikan-ikan, siput, udang serta beberapa hewan laut lainnya. Kesempatan ini biasanya digunakan oleh anak-anak yang berkunjung ke Pantai Karang Bolong untuk ditangkap.

sunset pantai karang bolong bantenTidak hanya batu karang sebagai daya tariknya, pantai yang berpasir putih ini pun juga menawarkan keindahan pantainya. Pengunjung bisa bermain air, bermain pasir, dan kegiatan yang lainnya. Di tempat ini, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan berenang. Tersedia juga olahraga air seperti perahu motor dan banana boat yang bisa disewa di Pantai Karang Bolong. Jika Anda hobi memancing, pantai ini cocok untuk kegiatan tersebut. Karena terdapat beragam jenis ikan yang bisa Anda dapatkan di obyek wisata di Banten ini.

Menjelang sore, keindahan pantai ini semakin terasa dengan hadirnya matahari tenggelam. Tempat menarik untuk melihat sunset di Pantai Karang Bolong yaitu berada di atas Batu Karang Bolong. Pengunjung bisa mencapai puncak batu karang melalui tangga yang telah sengaja disediakan. Dari atas batu karang, pengunjung juga bisa melihat dari kejauhan Selat Sunda dan Anak Gunung Krakatau.

Lokasi

Pantai Karang Bolong terletak di Desa Karang Bolong, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

Akses

Berjarak sekitar 140 km dan membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Kota Jakarta. Berjarak sekitar 50 km dari Kota Serang. Jika Anda dari Jakarta menggunakan transportasi pribadi, Anda dapat mengambil jalur Jakarta-Merak dan keluar menuju pintu tol Cilegon Timur. Kemudian arahkan kendaraan Anda ke arah selatan melalui Jalan Raya Anyer-Carita.

Jika pengunjung ingin menggunakan transportasi umum. Pengunjung dapat menggunakan bus jurusan Jakarta-Merak dan berhenti di Cilegon. Kemudian dilanjutkan dengan bus jurusan Cilegon-Labuan dan berhenti tepat di Obyek Wisata Pantai Karang Bolong.

Harga Tiket Masuk

Biaya retribusi untuk memasuki Pantai Karang Bolong sebesar Rp. 5000,-. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, maka dikenakan biaya tambahan biaya parkir sebesar Rp. 10.000,-/mobil dan Rp. 45.000,-/bus.

Fasilitas dan Akomodasi

Berbagai fasilitas tersedia di obyek wisata pantai Banten. Fasilitas tersebut yaitu, penjaga pantai, tempat parkir, pusat informasi, taman bermain, pondok wisata, toko oleh-oleh, toko souvenir, rumah makan, dan restoran dengan berbagai macam menu masakan. Jika Anda ingin menginap di sekitar Pantai Karang Bolong terdapat beberapa penginapan seperti, cottage, resort, home stay, wisma, villa dan hotel. Beberapa hotel yang direkomendasikan dan terdekat dengan kawasan pantai yaitu, Mutiara Carita Cottages, Kalicaa Villa Resort Tanjung Lesung, Tanjung Lesung Bay Villas Hotels & Resort, dan Hawaii A Club Bali Resort. Atau klik di sini jika Anda ingin mencari beberapa hotel dekat Pantai Karang Bolong.


View Pantai Karang Bolong, Banten in a larger map

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bottom